Mesin Menginspirasi Seniman

Reporter : Shonia Erfina

JAKARTA-Dunia seni memang tidak akan pernah lepas dari bidang lainnya. Tak terelakkan, seni dan otomotif saling memengaruhi. Desain yang sarat akan nilai seni tinggi adalah salah satu kunci utama sebuat produk otomotif.

Menciptakan sebuah mobil, misalnya, tentu tidak akan didesain secara asal, perlu kreativitas dan sentuhan seni tersendiri. Karena itulah, Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) mengajak para seniman untuk membuat karya seni yang dapat mengambil inspirasi dari dunia otomotif.

Hal itu akan dibuktikan dalam pameran seni Adira Indonesia Art Motoring I yang dilaksanakan di Galeri Nasional, Jakarta, 25 April sampai 1 Mei 2011. Adapun pameran lanjutannya di Grand Indonesia, Jakarta hingga 15 Mei 2011.

”Tentunya dengan judul motion dan reflection, target pameran ADIRA Indonesia Art Motoring 1 ini sebagai pameran seni rupa kontemporer bernuansa otomotif yang merupakan pameran pertama kali diadakan di Indonesia, sehingga dapat memperlihatkan kemajuan seni dan perkembangan otomotif di Indonesia,” kata Rik Rik Kusmara, seorang kurator seni.

Pameran tersebut melibatkan 88 seniman dengan 88 karya seni kontemporer, mulai dari karya patung, fotografi, lukisan, maupun instalasi yang terinspirasi dari otomotif.

Uniknya, pameran itu juga menampilkan sedikitnya 45 brand mobil antik dan langka, seperti Volks Weagen (VW), Lotus, Porsche, Maserati, Mercedes-Benz, Midget, Ferari, Jaguar, Mazda, dan lainnya.

Editor : Diane Pitaloka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: