Sulap Perabot dalam Imaji Ornamen

Reporter : Shonia Erfina

JAKARTA – Pagelaran seni rupa tidak selalu menampilkan karya seni yang “baru”. Sesuatu yang baru diciptakan dan tidak pernah eksis sebelumnya, Imaji Ornamen, menampilkan karya seni unik, berbeda, dan bernilai.

Ornamen, berasal dari kara ornare (Latin) yang berarti “menghiasi”, sedangkan menurut Ensiklopedia Indonesia, mengartikan ornamen sebagai gugusan hiasan bergaya geometrik atau yang semacamnya. Ornamen biasa dikenal sebgai hiasan tambahan atas sebuah benda. Karenanya, benda yang “diornamenkan” ini lazimnya berasal dari bentuk dasar perabot rumah tangga seperti pakaian, cangkir, meja, dan lainnya.

Dengan sentuhan seni seniman, perabot tersebut “disulap” menjadi berang seni bernilai tinggi. Benda-benda yang akan ditampilkan meliputi lukisan, patung, seni cetak, fotografi, video art, object, dan instalation art.

Pameran bertema Imaji Ornamen ini melibatkan para seniman untuk memikirkan kembali (re-thinkhing), membaca kembali (re-reading), dan menemukan kembali (re-inventing) nilai-nilai dalam ornamen yang telah banyak bergerak di sekitar. Tujuannya agar muncul perkembangan nilai lokal dengan bentuk ungkap dan sistem pemahaman yang baru dan dalam.

Pameran Seni Rupa Nusantara 2011 yang berlangsung di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta ini mulai dari 19 Mei hingga 29 Mei 2011 dan diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jero Wacik.

Editor : Diane Pitaloka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: