Memilih Fotografi

Reporter : Izacc Tangkudung

Foto merupakan salah satu karya seni yang kini diminati banyak orang. Namun, tidak semua orang bisa menghasilkan foto dengan komposisi yang bagus dan memberikan makna terhadap foto tersebut.

Ada beberapa jenis foto : foto landscape, macro, panning, night shot, human interest, dan still life. Berikut adalah pemaparannya sekaligus membantu menyesuaikan pilihan fotografi yang bisa ditekuni sesuai minat.

1. Foto Landscape

Foto landscape merupakan foto yang objeknya adalah pemandangan. Dalam memotret foto landscape, biasanya menggunakan aperture atau bukaan diafragma yang sempit. Hal ini dilakukan untuk memperlebar ruang fokus guna menambah ketajaman gambar. Selain itu, gunakan speed yang cepat dan iso rendah agar setiap moment bisa ditangkap oleh kamera. Carilah angle yang bagus dan gunakan tripod agar gambar yang dihasilkan tidak blur.

2. Foto Macro

Foto macro merupakan foto yang objek utamanya adalah benda-benda kecil. Contoh, serangga, bunga, dll. Dalam memotret foto macro sesuaikan dengan objek yang akan dibidik. Gunakan bukaan yang sedang, iso yang rendah, dan speed yang cepat jika cahaya mendukung. Iso yang tinggi akan menyebabkan noise, sedangkan penggunaan speed yang tinggi agar tidak shake dan fokusnya tepat. Halangan dalam foto macro adalah angin.

3. Panning

Foto panning merupakan foto dengan objek yang bergerak seperti mobil berjalan, orang bersepeda, atau bahkan anak kecil yang sedang bermain ayunan. Dalam panning diperlukan teknik khusus dimana fotografer harus fokus terhadap objek yang bergerak. Gunakan speed sedang agar fokus yang dibidik tetap terjaga dan background bisa menjadi blur. Selain itu, gunakan juga bukaan yang sempit agar ketajaman fokus tetap terjaga. Dalam membidik objek, ikuti gerakan objek dengan menggeser kamera searah dengan gerakan objek.

4. Night Shot

Night Shot merupakan foto yang diambil malam hari. Dalam pengambilan foto ini sebaiknya gunakan tripod agar gambar yang dihasilkan tidak goyang. Gunakan speed rendah atau juga bulb. Night Shot biasa bertemakan lampu jalan raya atapun objek-objek yang memancarkan cahaya.

5. Human Interest

Merupakan foto yang bercerita. Dalam hal ini dibutuhkan kepintaran dan naluri fotografer. Untuk memberikan judul agar foto dapat terlihat bercerita diperlukan suatu kepintaran.  Naluri digunakan untuk mendapatkan moment yang bagus dan menarik.

6. Still Life

Objek yang didapatkan adalah benda-benda disekitar kita, yakni benda mati. Diperlukan imajinasi dan kreativitas tertentu agar benda-benda tersebut dapat menarik atau bahkan bercerita. Komposisi dan permainan cahaya menjadi penting dalam fotografi ini.

Editor : Diane Pitaloka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: