Garin Nugroho dalam “Nderek Mariah: Post Cinema”

Reporter: Shonia Erfina

 

Menghasilkan karya seni bertema ibu tidak selalu menjelang Hari Ibu.

Tema ibu yang dipamerkan pada Juni, tidaklah aneh bagi seniman yang satu ini. Sutradara popular di Indonesia, Garin Nugroho, kini kembali menyemarakkan seni negeri dalam pamerannya bertajuk Nderek Mariah: Post Cinema. Kali ini, ia tidak sekedar membuat film. Dalam rangka 30 tahun karirnya tersebut, ia memamerkan delapan karya seni rupa bertema ibu.

Mariah adalah nama ibunya. Sedangkan “Nderek” dalam bahasa Jawa berarti mengikuti, menjalani, dan menuruti. Namun, pameran ini bukan hanya ditujukan untuk ibu seorang saja, melainkan termasuk juga untuk ibu pertiwi. Sosok ‘ibu’ sebagai pemberi kehidupan yang sering kali peran pentingnya dalam kehidupan justru dilupakan dan membuat posisinya terpinggirkan. Hal ini tampak dari beberapa materi pameran yang justru menunjukkan ironi-ironi yang dengan caranya sendiri ‘menyayat’ hati.

Dalam pameran ini, terdapat beberapa karya seperti ‘Mata Ibu’, ‘Sujud Ibu’, ‘Pangkuan Ibu’, ‘Perjamuan Tanpa Akhir’, dan beberapa karya lainnya yang dibuat dari kayu, fiberglass, lukisan, maupun berbentuk instalasi.

Garin Nugroho yang lebih dikenal sebagai sutradara film, ternyata telah tiga kali memamerkan karya seni rupanya. Post Cinema sendiri adalah istilah yang ia gunakan untuk menggambarkan karya-karyanya yang lahir dalam suatu masa setelah industri, di mana terjadi proses transformasi medium sekaligus interaksi yang berlangsung terus menerus.

Pameran ini berlangsung 10-18 Juni 2011 di Bentara Budaya Jakarta dengan waktu operasional pukul 10.00-18.00.


Editor : Diane Pitaloka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: