Mengenal Batak

Reporter: Amelia Sarah

Suku Batak merupakan suku asli yang menetap di Pulau Sumatra Utara. Mengenal Batak bukan hanya sekedar dari logat atau kain ulos belaka. Ada kisah di balik terbentuknya sistem masyarakat di sana dan apa yang diyakini sebagai tradisi. 

Daerah asal kediaman suku Batak ini beragam. Antara lain dikenal dengan Daratan Tinggi Karo, Kangkat Hulu, Deli Hulu, Serdang Hulu, Simalungun, Toba, Mandailing dan Tapanuli Tengah. Daerah-daerah ini dilalui rangkaian Bukit Barisan di Sumatra Utara dan di sana terdapat Danau Toba, salah satu danau besar di Indonesia.

Sejarah suku Batak sendiri tidak lepas dari didirikannya kerajaan Batak oleh seorang Raja dalam negeri Toba sila-silahi (silalahi) lua’ Baligi (Luat Balige), kampung Parsoluhan, suku Pohan. Raja tersebut adalah Raja Kesaktian bernama Alang Pardoksi (Pardosi). Dari semua kepimpinan raja-raja Batak,  Sultan Maharaja Bongsu lah yang pada tahun 1054 Hijriyah berhasil memakmurkan negerinya dengan berbagai kebijakan politik. Pada masa itu, kerajaan Batak mencapai kejayaannya.

Asal-usul Suku Batak
Suku bangsa Batak itu adalah Proto Malayan yang bermukim di pegunungan perbatasan Burma dan Siam. Selama ribuan tahun suku Batak ini bertempat tinggal dengan suku bangsa Proto Malayan lainnya seperti Kagen, Igorot, Toraja, Bontoc, Ranau, Meo, Tayal dan Wajo. Mungkin ini adalah salah satu jawaban kenapa beberapa bahasa Toraja itu mirip dengan bahasa Batak. Sedangkan Neo Malayan itu turunannya adalah suku-suku bangsa Jawa, Bugis, Aceh, Minangkabau, Sunda, Madura dan sebagainya.

Zaman dulu suku-suku Proto Malayan itu orangnya tidak mudah bergaul. Mereka setia tinggal di pegunungan. Namun, mereka terpaksa berhenti menutup diri di pegunungan karena sekitar tahun 1000 Sebelum Masehi (SM), suku bangsa Mongol datang menyerang dan terpaksa mereka melarikan diri ke selatan, sepanjang sungai-sungai Irawady, Salween, serta Mekong. Mereka tidak cuma didesak oleh suku Mongol itu, mereka juga didesak bangsa Syan yang bukan Proto Malayan, yaitu Palae Mongoloid. Sebagian besar suku Proto Malayan itu terdesak sampai ke tepi laut di teluk Martaban.

Sekarang mereka sudah tinggal di tepi laut. Kebudayaan Proto Malayan ini mulai bercampur dengan budaya Hindu. Ini juga yang mempengaruhi bahasanya. Seperti contohnya dalam bahasa Batak, istilah-istilah seperti debata, singa, surgo, batara dan mangaraja. Suku dari Proto Malayan pun akhirnya terpisah-pisah. Suku bangsa Proto Malayan yang kecil-kecil banyak yang akhirnya menetap di Filipina. Mereka terpisah karena sebagian besar suku Batak sudah tidak suka tinggal di daerah pantai.

 

UNSUR BUDAYA

A. Bahasa
Dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari, orang Batak menggunakan beberapa logat, yaitu:
• Logat Karo yang dipakai oleh orang Karo
• Logat Pakpak yang dipakai oleh orang Pakpak
• Logat Simalungun yang dipakai oleh orang Simalungun
• Logat Toba yang dipakai oleh orang Toba, Angkola dan Mandailing.

B. Pengetahuan
Orang Batak juga mengenal sistem gotong-royong kuno dalam hal bercocok tanam. Dalam bahasa Karo aktivitas itu disebut Raron, sedangkan dalam bahasa Toba hal itu disebut Marsiurupan. Sekelompok orang atau kerabat dekat bersama-sama mengerjakan tanah secara bergiliran. Raron itu merupakan satu pranata yang keanggotaannya sangat sukarela dan lamanya berdiri tergantung kepada persetujuan pesertanya.

C. Perkawinan
Pada tradisi suku Batak seseorang hanya bisa menikah dengan orang Batak yang berbeda klan sehingga jika ada yang menikah dia harus mencari pasangan hidup dari marga lain. Apabila yang menikah adalah seseorang yang bukan dari suku Batak maka dia harus diadopsi oleh salah satu marga Batak (berbeda klan). Acara tersebut dilanjutkan dengan prosesi perkawinan yang dilakukan di gereja karena mayoritas penduduk Batak beragama Kristen.

Editor: Audithya Djagia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: