Kilas Singkat Rumah Tradisional Indonesia

Reporter: Shonia Erfina
Wujud budaya daerah Indonesia sangat beragam. Keragamannya sedikit banyak dapat dinikmati dalam cakupan daerah Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Banyaknya ragam budaya dan seni yang terdapat di TMII diwakili oleh setiap paviliun atau anjungan dari setiap provinsi.

Bangunan rumah tradisional Jawa, berciri khas yang unik, yaitu bangunan rumahnya didirikan langsung di atas tanah. Selain itu, bangunan tersebut biasanya dibuat dalam ukuran kecil yang memanjang. Ciri khas lain adalah hiasan seni pada dinding rumah yang pada umumnya tidak dikenal, lantaran setelah mendapat pengaruh Islam. Pemakaian hiasan seni seperti patung ditiadakan. Namun demikian, masih banyak juga rumah yang menghiasinya dengan patung.

Rumah tradisional Jawa disebut joglo atau limasan, dan srotong atau doro gepak. Masing-masing bentuk rumah tersebut menunjukkan posisi sosial keluarga yang menempatinya. Joglo untuk kaum bangsawan, limasan untuk kaum priyayi, sedangkan srotong atau doro gepak untuk wong cilik.

Sementara itu, bangunan tradisional di luar Jawa memiliki ciri-ciri yang berbeda. Bangunan daerah di luar Jawa, bangunannya berbentuk panggung (berdiri di atas tiang) dan sangat kuat atau kokoh. Pada zaman dahulu, rumah panggung yang kuat juga dibangun sebagai pertahanan dari serangan subsuku lain.

Bangunan di daerah luar Jawa pada umumnya dibuat dalam ukuran besar, karena difungsikan sebagai rumah keluarga (clan/klen), yaitu orang yang satu keturunan bertempat dalam satu rumah. Karenanya, di Sumatra Barat dikenal dengan adanya rumah Gadang dan di Kalimantan dikenal adanya rumah Panjang yang bisa mencapai panjang 200 meter.
Seni yang melekat di rumah tradisional luar Jawa bisanya meriah dan penuh corak. Seperti hiasan goemetris di Toraja, Kalimantan, Tapanuli, dan Sumatra Barat. Patung dan gambar-gambar binatang juga melengkapi seni interior bangunan.

Editor : Diane Pitaloka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: