Seni Lintas Zaman: Perkembangan Masa ke Masa

Reporter: Shonia Erfina

Seperti halnya kehidupan manusia yang selalu tumbuh dan berkembang, kesenian sebagai salah satu wujud karya manusia pun mengalami hal yang sama. Dalam perjalanannya, kesenian dapat dibedakan berdasarkan dasar waktu, yaitu pergantian teknik seni dari waktu ke waktu.

Perkembangan seni dari masa ke masa bisa kita lihat dari pembatasan zaman, yaitu zaman kuno hingga zaman modern.

Zaman kuno, memiliki sifat-sifat tradisional dan primitif. Seni pada zaman ini sangat mimetic atau meniru alam, sehingga karyanya pun sangat dipengaruhi oleh alam. Kesenian pada zaman ini juga memperlihatkan adanya keselarasan yang bersifat statis, yaitu keselarasan dengan alam sebagai lingkungannya. Semboyan seni pada zaman ini umumnya l’art pour l’art, berarti seni untuk seni. Maksudnya adalah bahwa seni tidak boleh dikorbankan untuk kepentingan lain, misalnya untuk dikomersialkan.

Zaman tengah, memiliki sifat-sifat peralihan antara zaman kuno ke zaman modern, sehingga mencakupi kedua zaman tersebut. Misalnya antara tiruan alam dan ciptaan manusia, antara statis dan dinamis, dan diantara l’art pour l’art dan seni untuk kepentingan tertentu. Pada zaman ini seni sudah mulai dijadikan benda komersial yang bisa diperjual-belikan, meskipun masih sangat eksklusif.

Zaman modern, sering disebut kontemporer. Zaman ini menekankan pada ekspresi manusia sebagai homo creator, bebas untuk menciptakan sesuatu sesuai dengan keinginan dirinya, dan mungkin lepas dari pengaruh alam. Semboyan seni pada zaman modern ini adalah l’art pour l’homme, yaitu seni untuk manusia. Karenanya, seni secara bebas diciptakan untuk kepentingan manusia.

Dalam perkembangannya, secara umum, sejarah budaya dan seni bersifat maju atau berkembang dari wujud sederhana ke wujud kompleks, bahkan megah (progresif). Namun ada kalanya seni berbalik regrasif, bersifat primitif dan sederhana, yang kemudian dikenal sebagai seni modern minimalis.

Editor : Diane Pitaloka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: