Pentingnya Sensor dalam Kamera

Reporter: Tobias Nanto

Sebagian besar orang masih kurang memperhatikan masalah sensor dalam kameranya. Padahal, sensor merupakan bagian penting dari kamera sehingga perlu kita pahami fungsinya.

Kulturartonline kali ini akan membahas tentang bagian vital dari kamera, yaitu sensor. Namun jika saya membahas dari pembuatan hingga fungsi akan tidak ada habisnya. Sekarang kulturartonline membahas tentang sensor full frame dan sensor crop factor, karena tidak sedikit yang belum paham akan sensor dan range kamera yang ia miliki.

Sensor adalah alat penangkap cahaya atau bayangan objek yang masuk lewat lensa. Benda ini merupakan bagian terpenting dalam kerja kamera karena bayangan yang masuk diproses dan dihasilkan disini. Sensor pada kamera digital sama fungsinya seperti film pada kamera manual. Hanya saja fungsinya yang tergantikan. Jadi, jika berbicara tentang sensor digital kita berbicara tentang kamera digital.

Ukuran pada sensor kamera berbeda-beda tergantung tipe kamera. Ada sensor kamera dengan sensor crop factor dan sensor kamera full frame. Full frame berarti sensor tersebut sama dengan ukuran film pada kamera manual yang artinya seluruh batas bagian objek, semua masuk ke dalam sensor. Pada sensor kamera crop factor tidak semua bagian masuk ke sensor, tetapi ada pemotongan di batas bagian objek, pemotongan tersebut lazim disebut oleh crop factor. Untuk mendapatkan range sesungguhnya. Range tersebut dikali dengan crop factor yang ditentukan oleh sensor kamera tersebut.

Maka ada baiknya jika anda mengetahui secara baik spesifikasi kamera yang anda miliki. Crop factor kamera anda dapat dilihat dengan browsing internet atau di buku panduan kamera anda.

Perlu diingat bahwa kamera manual=full frame, berarti jaman sebelum era kamera digital berlangsung, semua lensa merupakan lensa full frame. Namun saat ini seiring dengan berkembanganya kamera digital, lensa non full frame dibuat supaya para pemakai kamera non full frame dapat mendapat range lensa yang sesungguhnya. Namun lensa tersebut tidak dapat dipakai di kamera full frame, karena akan ada lingkaran hitam di sekelilingnya.

Darimana anda tahu lensa mana yang full frame dan non full frame? Jelas dari harganya  lensa full frame memang harganya mahal dikarenakan susunan kaca di dalam lensa tersebut, namun anda perlu tahu range-range lensa full frame sebagai patokan anda.

Lensa full frame:
• Semua lensa fix 50mm, 85mm, 90mm, 135mm
• Lensa telezoom 70-200 2.8, 400mm-700mm
• Midrange 24-70 2.8, 16-35

Lensa non full frame:
• 50mm dx
• Kit lens
• 17-50, 17-105

Contoh ilustrasi:
Jika kita memiliki lensa 50mm dengan kamera d300 atau semua seri nikon diatas angka d700 dan semua seri canon diatas 5d (jenis kamera non full frame) apakah kita akan mendapat range 50mm yang sesungguhnya? Jawabannya adalah tidak, mengapa?
1. Karena lensa yang anda gunakan adalah lensa full frame sedangakan kamera anda NON full frame
2. Karena kamera yang anda gunakan adalah kamera dengan sensor crop factor

Maka untuk mengetahui range lensa yang anda dapatkan, adalah sebagai berikut:
D300 memiliki crop factor 1.4x, maka

50 x 1.6= 80

Jadi, range lensa yang anda dapatkan adalah 80mm. Artinya anda tidak bisa mendapatkan jangkauan lebih luas dibanding jika anda menggunakan 50mm pada kamera full frame.

Anda tentu akan berpikir dua kali jika ingin membeli kamera full frame karena harganya sama dengan motor ninja baru, maka pikirlah baik-baik terlebih dahulu lensa dan kamera yang hendak anda beli, jangan enggan untuk membaca buku panduan atau browsing tentang alat kamera anda, apalagi jika anda ingin upgrade di kemudian hari.

Editor: AudithyaDjagia


About tobiasfotografia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: