Wedding Photography?

Reporter: Tobias Nanto

Tidak banyak orang mengetahui apa itu Wedding Photography. Kebanyakan orang masih memandang sebelah mata dan menganggap sepele hal ini. Padahal, perlu trik khusus untuk memperdalam ilmu fotografi ini.

Bisnis

Yap, berbicara tentang bisnis ini, memang sangat menarik. Hasilnya pun juga banyak, jika memang Anda berminat dan serius di bidang fotografi ini. Yang Anda butuhkan tidaklah alat yang canggih sampai seharga mobil. Namun kemampuan di bidang fotografi, banyak mencari refrensi dan yang paling penting adalah kemampuan berkomunikasi yang atraktif dengan klien.

Alat bukanlah segalanya pada bisnis ini, namun memang untuk bersaing faktor alat menentukan kelas pasar Anda. Lalu apakah yang Anda lakukan jika tak punya cukup uang untuk membeli sebuah kamera bagus beserta lensanya? Jawabannya adalah ciri khas.

Konsep

Konsep fotografi saat ini sudah berbeda dengan era dahulu, ingatlah masa papa mama kita yang hanya foto studio saja. Saat ini fotografi wedding yang paling digemari adalah outdoor dengan permainan konsep yang santai dan tidak formal. Sebenarnya konsep ini adalah lebih kepada packaging yang anda berikan, baik itu tone foto, pose-pose dan layout album

Editing

Perlu diingat bahwa klien Anda bukanlah orang mahir di bidang foto, terkadang foto yang menurut anda bagus tetapi klien tidak suka. Kebanyakan dari mereka adalah sang wanita, ya sang wanita disini artinya calon mempelai wanita, mereka ingin tubuh dan wajah mereka di foto sesuai dengan yang mereka inginkan. Jadi janganlah berkecil hati jika Anda tidak memiliki kemampuan banyak di bidang edit foto, tetapi cobalah belajar bagaimana menghaluskan muka, memutihkan kulit dan membersihkan ‘kotoran’ yang tampak pada gambar.

Kemampuan berkomunikasi dengan baik

Hal ini sangatlah penting ketika Anda terjun ke lapangan. Anda tidak hanya akan bertemu dengan klien, tetapi juga seluruh keluarganya. Bagaimana Anda membentuk mood baik dari klien, dan ingat itulah dari Anda. Pribadi keluarganya berbeda-beda, jadi Anda juga harus kuat mental dan jangan rendah diri. Karena Anda yang akan menemani klien dan keluarganya setiap saat dari pagi buta hingga malam hari. Jadi, be good dan humoris, akan tetapi jangan mempermalukan diri anda sendiri. Kenali klien anda terlebih dahulu.

Persiapkan alat dengan baik malam sebelumnya dan cukupkanlah tidur karena anda harus bangun dini hari untuk memulai sesi persiapan atau make up klien Anda di salon.

Editor: Audithya Djagia

About tobiasfotografia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: