Kunokini,Tak Perlu Ikuti Trend untuk “Nyeni”

Reporter: Audithya Djagia

Kunokini. Sebuah ethnic group band yang karya musik serta performance-nya meramaikan belantika musik Indonesia. Di kala industri musik dirajai pop-rock-melayu, Kunokini hadir dengan meramu musik etnik dan menjadikannya popular.

ART is never DIE. Seni memang tidak pernah mengenal batasan. Kontribusi kita dalam seni pun tak melulu harus mengikuti “trend” semata karena seni tak bisa didikte.

Sebut saja Kunokini. Ya, mungkin sebagian orang masih bingung dengan nama tersebut. Kelompok musik ini lebih cenderung memainkan perkusi sebagai bagian proses berkeseniannya. Mmengusung aliran musik reggae dan memadukan jenis musik tradisional dan modern. Para personilnya mengolaborasikan instrumen musik Nusantara seperti gendang, rebana, dol dengan peralatan musik jimbey dari Afrika. Alhasil, mereka menciptakan harmonisasi musik yang catchy dan enak untuk didengar.

Kelompok musik yang beranggotakan empat orang, yakni Bhismo, Bebi, Akbar dan Darman sempat menggelar konsernya di Gedung Kesenian Jakarta, Januari lalu. Konsernya sendiri, meski terkesan “njawani” tapi kita seperti dibawa pada nuansa antah berantah yang unik. Tak bebunyian lain, selain ketukan perkusi yang rancak –meski sesekali terdengar out ot tunes – dan aksi panggung yang “seenaknya” saja. Kadang-kadang menggelar tikar di panggung, saling mencela dengan jenaka, dan bergoyang reggae. Konser tersebut dilatarbelakangi kegiatan penggalangan dana jelang misi budaya tur mereka ke Eropa.

Mareka juga sempat mewakili Indonesia di Pekan Asia Pasifik pada tahun 2008 di Kampus ANU, Canberra, Australia. Mereka  juga sukses besar dalam penampilannya di Sydney, 27 Januari silam.

Editor: Amalia Sekarjati


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: